Home Terbaru Malaysia Batal Hapus Hukuman Mati Apabila Tak Sesuai Konstitusi

Malaysia Batal Hapus Hukuman Mati Apabila Tak Sesuai Konstitusi

Berita berita.tvcepat.com-Terbaru June 11, 2022 1:20 pm

Jakarta, CNN Indonesia

Malaysia belum menetapkan kapan penghapusan hukuman mati mulai berlaku Setelah kabinet menyetujui rencana pencabutan eksekusi itu. Pasalnya, pemerintah setempat mesti melihat berbagai aspek, salah satunya konstitusional.

Menteri Hukum dan juga serta Parlemen Malaysia Wan Junaidi Tuanku Jaafar mengatakan sangat banyak bidang yg penting disempurnakan. Salah satunya pengajuan membentuk pengadilan untuk mempelajari kasus-kasus yg telah menjalani hukuman mati wajib.

“Dari segi konstitusionalitas, ini penting dilihat dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan juga serta serta kementerian saya karena Apabila bertentangan dengan konstitusi tak dapat dilaksanakan,” katanya kepada wartawan di Malaysia pada Hari Jumat (10/6) dikutip Malay Mail.

Baca Juga :  AS Beri Amunisi Tambahan Lagi ke Ukraina US$ 700 Juta Hadapi Rusia

Pernyataan Wan muncul tak lama setelah pemerintah setuju menghapus hukuman mati dan juga serta memberi keleluasaan kepada hakim di dalam menjatuhkan hukuman.

Keputusan tersebut diambil setelah ia menyampaikan Laporan Hukuman Pengganti untuk Pidana Mati Wajib saat rapat Kabinet, Hari Rabu (8/6) lalu.

Pemerintah, lanjutnya, menerima dan juga serta memperhatikan rekomendasi berasal dari Komite Khusus Pengganti Pidana Mati Wajib.

Komite ini dipimpin mantan Hakim Agung Tun Richard Malanjum dan juga serta terdiri berasal dari para pakar hukum seperti mantan Hakim Ketua, mantan Jaksa Agung, praktisi hukum, dosen hukum dan juga serta kriminolog.

Baca Juga :  Podcast Aksi Nyata: Raih Kesuksesan dengan Ubah Masalah Menjadi Pembelajaran

Menurut Wan, beberapa pasal di dalam UU yg mengatur soal pidana mati penting disempurnakan lagi sebelum penghapusan itu dapat diterapkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan semua kasus yg terkait hukuman mati wajib saat ini yg belum diputuskan pengadilan hendak ditunda sampai keputusan itu berlaku.

“Semua ini mesti dipelajari secara detail dan juga serta serta jenis hukuman yg penting kami perkenalkan. Itu tugas saya sekarang karena pemerintah telah menyetujui pengurangan hukuman ini,” ungkap Wan.

Definisi hukuman mati wajib, lanjutnya, penting dikaji lebih lanjut. Sebab, ada beberapa Undang-Undang yg tak memberikan pilihan kepada pengadilan untuk menggunakan diskresinya untuk menjatuhkan hukuman yg lain.

“(Dengan) penghapusan hukuman mati wajib, kami sekarang menyerahkan kepada kebijaksanaan hakim apakah [untuk menjatuhkan] hukuman mati atau hukuman yg lain, “kata dia.

Baca Juga :  4 Zodiak yang Paling Plin-Plan, Susah Bikin Keputusan!

Sebelumnya, Malaysia menjadi sorotan karena hendak menghapus hukuman mati. Namun, rencana ini menuai kritik berasal dari kelompok yg menolak hukuman mati.

Mereka menilai aturan itu tak memberikan keadilan, sebab menggantungkan keputusan atas dasar kebijaksanaan hakim.

Selain itu, hukuman mati mesti diubah menjadi hukuman penjara, yg sebanding dengan berat pelanggaran yg dilakukan. Pihak berwenang serta penting mempertimbangkan faktor-faktor yg meringankan dan juga serta keadaan khusus setiap kasus.

(isa/sfr)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: